Tips Merawat Daun Tanaman Hias Agar Mengkilap

Salah satu hal yang membuat pencinta tanaman hias merasa sukses adalah ketika daun tanamannya mengkilap. Daun tanaman hias yang mengkilap membuat tanaman terlihat lebih cantik. Selain itu, menunjukkan bahwa pemiliknya sudah merawat dengan optimal.

Bersihkan Daun Secara Berkala

Selain menyirami tanaman, Anda perlu membersihkan daun secara berkala. Caranya dengan membasahi kain atau spon menggunakan air. Kain atau spon tersebut Anda peras sehingga menjadi sedikit kering. Kemudian, kain atau spon lembap tersebut Anda gunakan untuk menyeka permukaan daun.

Lakukan secara perlahan agar daun tak rusak. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda dapat membersihkan hama pada tanaman hias. Terutama, hama yang senang bersembunyi di bawah daun. Jika ukuran daunnya kecil, gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkannya.

Baca juga: 5 Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam dalam Pot

Gunakan Air Hangat

Tanaman dengan banyak daun cenderung menyukai air hangat. Siram dedaunan dengan air hangat kuku. Pastikan bahwa setiap helai daun benar-benar terkena air. Kemudian, kibaskan sedikit daun agar tak ada kelebihan air di permukaannya. Namun, hanya siram tanaman sesuai kebutuhan. Kenali jenis tanaman Anda dan kebutuhan intensitas airnya. Tak semua tanaman perlu disiram tiap hari.

Larutan untuk Menyeka Daun

Larutkan empat sendok makan susu sapi cair dengan 100 ml air. Larutan ini dapat Anda gunakan untuk mengelap daun. Gunakan kain, celupkan ke dalam larutan, lalu seka permukaan daun dengan kain lembap tersebut. 

Anda juga dapat menggunakan cuka. Larutkan satu sendok makan cuka dengan satu galon air. Gunakan untuk menyeka permukaan daun. Namun, hati-hati agar Anda tak melakukannya secara berlebihan. Kelebihan dari larutan ini adalah efek sampingnya yang dapat berfungsi sebagai anti hama. Serangga-serangga kecil akan menjauh dari tanaman hias Anda karena aroma dari cuka.

Jika Anda khawatir endapan mineral pada air keran di rumah merusak tanaman, gunakan jus lemon. Larutkan jus lemon dengan air lalu gunakan untuk menyeka permukaan daun. Larutan ini akan meluruhkan endapan mineral sehingga daun tanaman hias Anda berkilau dan lebih sehat.

Larutan lainnya yang dapat Anda gunakan adalah sabun cuci piring. Gunakan seperempat sendok teh sabun cuci piring, larutkan dengan satu liter air hangat. Kemudian semprotkan pada permukaan daun tanaman hias Anda. Setelah itu, lap permukaan daun dengan hati-hati agar tak robek.

Baca juga: Pengaruh Kualitas Air Terhadap Tanaman di Rumah Anda

Memangkas Daun

Jika daun mulai menguning, bahkan berubah menjadi cokelat, Anda harus memangkasnya. Selain estetika, tujuan utama pemangkasan daun adalah menjaga kesehatan tanaman.

Bagian yang menguning atau menjadi cokelat sudah tidak sehat. Karena itu, bagian tersebut harus dipangkas agar tak menyebar ke bagian lain. Misalnya hal ini terjadi karena daun atau dahan membusuk.

Pemangkasan juga dapat membantu agar bentuk tanaman tetap indah dipandang. Selain itu, pemangkasan daun dapat menghindari dahan yang patah akibat daun yang terlalu rimbun. 

Mengendalikan Gulma

Strategi lain adalah dengan mengendalikan gulma. Cabutlah tanaman liar yang ada di sekitar tanaman hias Anda. Tujuannya, agar gulma tersebut tak menyerap hara dari tanah. Sehingga pertumbuhan tanaman hias Anda tetap optimal. Dampaknya, daun tanaman lebih mengkilap karena tumbuh sehat.

Anda juga dapat menggunakan pestisida untuk mengendalikan gulma. Gunakan sesuai dengan kebutuhan. Bila dosisnya berlebih, tanaman dapat lebih rentan terhadap hama dan penyakit.

Menggunakan Pupuk Cair

Contohnya menggunakan pupuk organik hayati Dinosaurus. Pupuk ini cocok untuk kebutuhan bercocok tanam di rumah Anda. Kandungannya lengkap sehingga dapat memastikan tumbuh kembang tanaman hias Anda lebih optimal. Manfaatnya, daun tanaman Anda menjadi mengkilap karena sehat!

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian
×