10 Manfaat Buah Alpukat

10 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Alpukat adalah salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok, buah ini pun enak dinikmati sebagai dessert. Bagi mereka yang sedang diet, alpukat adalah salah satu pilihan favorit untuk pengganti makanan berat, karena mengenyangkan namun sehat. 

Supaya makin cinta dengan alpukat, berikut ini adalah 10 manfaat alpukat bagi kesehatan: 

1. Kaya akan nutrisi

Buah alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, sekaligus riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Buah ini juga mengandung lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3. Seperti yang sudah disebutkan di atas, alpukat mengandung lemak sehat yang  mampu mematikan nafsu makan, memperlambat pemecahan karbohidrat sehingga kadar gula dalam darah stabil. 

2. Menurunkan risiko depresi

Karena mengandung folat yang tinggi, maka alpukat dapat membantu mengurangi risiko depresi. Kandungan folat itu sendiri membantu mencegah penumpukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. FYI, kelebihan homosistein juga dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

3. Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan terpenting di buah alpukat adalah lutein. Lutein adalah senyawa karotenoid, phytonutrient, dan antioksidan alami yang mampu menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi alpukat, mata kita juga bisa terhindar dari degenerasi akibat pertambahan usia.

4. Mencegah Rematik

Kandungan saponin yang ditemukan di buah alpukat mampu mencegah rematik dan risiko osteoporosis. Perpaduan nutrisi dan vitamin dalam buah alpukat juga berfungsi sebagai anti peradangan, sehingga membantu mengurangi gejala osteoartritis lutut.

5. Menyehatkan kandungan

Ibu hamil pasti paham sekali bahwa folat sangatlah penting bagi kesehatan kandungan. Sumber folat pun beragam, salah satunya dari buah alpukat. Dengan mengonsumsinya dalam jumlah normal, maka ibu hamil akan terhindar dari risiko keguguran. Bayi pun bisa lahir dengan sehat dan terhindar dari risiko cacat tabung saraf. 

6. Membantu detoksifikasi secara alami

Buah alpukat juga terbukti kaya serat, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, serat pada alpukat mampu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh secara alami. Konsumsi yang cukup dapat membantu pergerakan usus menjadi teratur, yang sangat penting untuk ekskresi racun setiap hari melalui empedu dan tinja.

7. Berperan penting dalam pengobatan penyakit kanker. 

Dilansir dari Medical News Today, beberapa penelitian menemukan bahwa fitokimia yang diekstraksi dari buah alpukat dapat secara signifikan menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker. Selain itu, mampu mematikan sel kanker sambil mendorong pertumbuhan sel sistem kekebalan yang disebut limfosit. Fitokimia ini juga telah terbukti mengurangi kerusakan kromosom yang disebabkan oleh siklofosfamid, obat kemoterapi.

8. Menyehatkan kulit

Kaya akan vitamin dan nutrisi, alpukat baik untuk kesehatan kulit. Dikonsumsi dalam jumlah normal, buah ini bisa melembabkan kulit dari dalam, melindungi dari bahaya paparan sinar matahari, hingga menyembuhkan jerawat. 

9. Baik untuk kesehatan rambut

Menggunakan masker hingga minyak rambut berbahan alpukat dapat membuat rambut kita sehat, lho. Mulai dari terhindar dari kerontokan, mengurangi ketombe, dan menjaga kesehatan kulit kepala. 

10. Menjaga kadar kolesterol

Di dalam buah alpukat terdapat sekitar 25 gr/ons sterol natural, yaitu beta-sitosterol. Dengan rutin mengonsumsi alpukat, dibarengi dengan makanan dengan kandungan serupa, dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga 10 Fakta Menarik tentang Cabai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chinese (Simplified)EnglishIndonesian
×